KOTA JAMBI - Apapun profesinya, memiliki usaha sendiri menjadi cita-cita setiap orang. Ditambah lagi situasi perekonomian dunia dan nasional kerap sekali berubah-ubah.

Namun, untuk menstabilkan perekonomian keluarga dengan memiliki usaha sendiri tentunya menjadi langkah yang tepat. Seperti yang dilakukan oleh Khoirul Umam seorang laki-laki usia 28 tahun ini.

Ia mulai merintis usaha benih ikan Gurame dengan memanfaatkan pekarangan rumahnya. Dengan bertahap dan menggunakan peralatan sederhana serta berbekal ilmu perikanan yang dipelajari dari saudara-saudaranya yang sudah memulai duluan, lelaki yang kerap disapa Umam ini mulai merintis usahanya sejak setahun yang lalu.

"Saat ini saya memiliki 6 kolam yang disamping rumah dengan ukuran 2x4 meter persegi. Yang kita pakai itu 4 kolam, soalnya 2 kolamnya lagi untuk pemindahan ikan baik untuk sortir maupun ketika ada pembeli," kata Umam yang kesehariannya sebagai Guru dan TU di Pesantren As'ad Jambi.

Berbasis kemitraan bersama saudaranya, Umam mengatakan untuk keseluruhan kolam ada 14 kolam ukuran 2x4 meter persegi yang termasuk kolam samping rumahnya dan 13 kolam besar dengan ukuran 20×40 meter persegi."Meski kemitraan, saya saat ini masih fokus di kolam yang dekat rumah ini," ujarnya.

Ia mengungkapkan, bibit yang akan dijualnya ini berasal dari Lampung. Gurame jenis Soang ini ia ambil sejak masih berupa telur dan penetasan di tempatnya.

"Kita tetaskan di sini. Terus kita besarkan menjadi bibit sesuai dengan permintaan pasar. Alhamdulillah pada tahap awal ini kita memiliki lebih kurang 20 ribu bibit gurame," terangnya.

Pada pemasaran, Umam mematokan harga Rp1.500 sampai Rp2.000 untuk ukuran 2x4 cm maupun 4x6 cm. Untuk konsumen yang akan membeli bibit gurame ditempatnya, ia mematokan minimal pembelian 100 bibit atau perpaket yang berisi 250 bibit ikan.

"Konsumen kita saat ini masih masyarakat dari wilayah kota Jambi. Harapan kedepannya bisa menjangkau seluruh pasar di Provinsi Jambi. Terkait keuntungan, Umam mengatakan tergantung usaha dalam merawat ikan-ikan yang ada, yakni dengan menjaga stabilitas air maipun memberikan pakan tepat waktu.

"Saya memulai usaha ini karena tidak mengganggu jam kerja saya. Daripada waktu kita tidak terpakai usai mengajar, mendingan melakukan usaha yang bermanfaat, apalagi untuk ekonomi keluarga," ungkapnya.

Umam pun berharap kepada pemerintah agar dapat membantu alat dan perlengkapan pada usaha penjualan benih ikan. Ia pun berharap kedepannya usaha yang mulai ditekuninya ini terus lancar dan maju.

"Semoga saja usaha ini makin berkembang, lancar, maju dan bisa melakukan pemijahan sendiri. Sehingga, kita di Jambi tidak perlu lagi membeli dari luar," harapnya. Umam menyampaikan kepada masyarakat Jambi, jika ingin membeli bibit ikan Gurame jenis Soang dapat membeli ditempatnya yang berlokasi di Jl.KH.Abdul Qodir, RT 02 Kelurahan Olak Kemang, Kecamatan Danau Teluk, Kota Jambi. Atau dapat langsung menghubungi kontaknya langsung 081367579218. Untuk melihat jenis bibit guramenya, dapat mengunjungi akun Instagram @umami_aquatic.jbi (*)