Merangin - Pj Sekda Merangin Fajarman secara simbolis melakukan penanaman perdana program replanting sawit kemitraan strategis Gapoktan, di Desa Mampun Baru Kecamatan Pamenang Barat, Rabu (22/9).

Penaman replanting sawit di lahan warga tersebut menurut Fajarman, merupakan salah satu upaya Pemkab Merangin untuk mempercepat realisasi Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) tahun 2021.

‘’Program peremajaan sawit rakyat ini merupakan upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan produktivitas kebun sawit rakyat,’’ujar Pj Sekda sembari mengayunkan cakung, untuk membuat lupang penanaman sawit tersebut.

Selain sebagai bentuk keberpihakan pemerintah kepada pekebun rakyat lanjut Fajarman,  PSR juga sebagai program Pemulihan Ekonomi Nasional yang mampu menyerap banyak tenaga kerja di masa pandemi Covid-19.

Melalui program kemitraan jelas Pj Sekda, perusahaan-perusahaan perkebunan besar yang memiliki pengalaman dalam peremajaan sawit, dapat memberikan bantuan kepada petani swadaya melalui koperasi dan kelompok tani agar menghasilkan capaian PSR yang lebih optimal.

Diakui Fajarman, peran Pemerintah Daerah di sentra kelapa sawit diperlukan, untuk mendukung pelaksanaan percepatan peremajaan sawit rakyat di daerahnya . Dengan demikian target sebesar 540.000 hektare yang telah ditetapkan Pemerintah untuk tahun 2020-2022 dapat tercapai.(les)