Jambi - Pipa  milik PT Pertamina EP 1 Jambi  mengalami kebocoran di Jalan Premik, RT 01, Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru, Jambi. Senin (22/11/2021) pagi. 

Pipa minyak bocor terjadi sekitar pukul 07.30 WIB diketahui oleh warga setempat. Warga pun khawatir dengan kejadian tersebut, pipa yang bocor mencemari lingkungan dan pemukiman penduduk. 

Salah satu warga sekitar bernama Wahid Nurahman mengatakan, pipa yang bocor mengeluarkan suara ledakan dari pipa minyak yang bocor. 

"Kaget pagi tadi saya lagi dirumah ada bunyi ledakan, kira saya ada kecelakaan mobil, pas saya cek ternyata pipa minyak didepan rumah saya bocor. Air melimpah sampe kebalakang rumah" kata Wahid Nurahman, Senin (22/11/2021). 

Wahid Nurahman berharap atas kejadian tersebut pihak pertamina menanggapi kejadian ini, dikarenakan lingkungan rumahnya tercemar dengan aliran minyak yang bocor. 

"Soalnya kan banyak kos-kosan juga dibelakang rumah, minyaknya mengalir kesitu, yah semoga pertamina memerhatikan karna minyak tercemar disini," sambungnya. 

Humas Pertamina EP 1 Jambi, Afrianto BS mengatakan pipa bocor merupakan flowline injeksi KAS 021 terkena korosi akibat faktor pipa yang sudah lama. 

Saat ini, pihak dari Pertamina sudah turun kelapangan untuk membersihkan air injeksi yang keluar dari pipa. 

"Sementara kita fokus pembersihan dulu di lokasi kejadian. Kita usahakan secepatnya bisa ditangani dan hari ini dapat selesai," ujarnya. 

Setelah dilakukan pembersihan, selanjutnya pihak Pertamina melakukan inventarisir terhadap warga apabila ada yang dirugikan. 

"Apabila ada warga yang dirugikan maka akan kita ganti rugi sesuai peraturan yang berlaku," jelasnya.  

Pantauan dilapangan, petugas dari Pertamina EP 1 Jambi sedang melakukan perbaikan dan menurunkan sejumlah mobil tangki dan alat berat ke lokasi. (*)