Jambi – Perkembangan Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung terus digenjot Pemerintah Provinsi Jambi, dari status Ujung Jabung sebagai Pelabuhan Pengumpul menjadi Pelabuhan Utama yang telah disetujui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Hal ini akan disusul dengan surat menaikan status Pelabuhan ke Kementerian Perhubungan. 

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, H Varial Adhi Putra mengatakan selain Status Pelabuhan Ujung Jabung yang naik menjadi Pelabuhan Utama, pembangunan akses jalan menuju pelabuhan yang sebelumnya terkendala dengan pembangunan jembatan, kini telah disetujui PUPR. 

“Terkait dengan pembangunan jalan akses nya sendiri, saya diinformasikan oleh pak Gubernur bahwa sudah disetujui untuk pembangunan jembatan Ujung Jabung artinya baik dari Kementerian Perhubungan tidak ada alasan lagi untuk tidak melanjutkan pembangunan ini,” Jelas Kadishub Varial Adhi, saat melakukan pengecekan pendirian posko pemantau truk batubara di Pijoan Muaro Jambi, Rabu (17/11) siang. 

Lanjutnya, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Perhubungan tetap berupaya untuk selalu memberikan informasi dan kemudahan untuk pelaksanaan pembangunan pelabuhan Ujung Jabung, “ kita berharap ujung jabung ini untuk segera digunakan, karna mengingat semua komoditi kita banyak keluar tidak ada melalui wilayah provinsi jambi,” ujarnya 

Ditambahkan Varial Adhi, kondisi pembangunan pelabuhan Ujung Jabung progresnya sudah cukup tinggi. Varial mengungkapkan dana yang telah diserap di Pelabuhan Ujung Jabung senilai Rp230 miliar, berdasarkan perhitungan Kementrian Perhubungan, diperkirakan masih membutuhkan sekitar Rp165 Miliar agar pelabuhan tersebut siap dioperasikan. (*)