Merangin - Bupati Merangin H Mashuri melalui Sekda Fajarman, membuka pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan III Formasi Umum Kabupaten Merangin, di Balai Pelatihan Pertanian Jambi, Senin (06/12).

Dikatakan Sekda, Latsar CPNS golongan III diselenggarakan bertujuan untuk pembentukan karakter PNS profesional sesuai bidang tugas, sehingga mampu bersikap dan bertindak profesional dalam mengelola tantangan.

‘’Tidak hanya itu, tapi masalah keragaman sosial kultural dengan menggunakan perspektif whole of government atau one governmet, yang didasari nilai-nilai dasar PNS berdasarkan kedudukan dan peran dalam negara kesatuan Republik Indonesia,’’ujar Sekda.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Merangin Ferdi Firdaus menambahkan, CPNS menjadi harapan baru akselerasi pelayanan masyarakat dan percepatan perwujudan rancangan inovasi baru di era milenial.

Hal itu disebabkan karena CPNS angkatan ini dipandang mampu menghadapi situasi dan kondisi terkini, di era perkembangan teknologi dan harus mampu memberi kontribusi maksimal di era milenial. ‘’Perkembangan teknologi yang begitu pesat perlu diimbangi dengan pelayanan prima dan sdm yang mampu sehingga pengabdian kepada masyarakat dapat terlaksana dengan optimal,’’terang Ferdi Firdaus.

Terpisah, Kepala Bidang SDM BKPSDMD Merangin Jhoni Setiawan menegaskan, tantangan terbesar CPNS adalah merubah mindset. Jadi CPNS itu terang Jhoni, bukan pencapaian digaris akhir, tapi baru start.

‘’Start untuk menjadi agen perubahan yang memiliki integritas, disiplin, profesional dan tentunya menjunjung tinggi nilai-nilai nasionalisme. Kondisi di era pandemi ini memaksa pemerintah melakukan manuver dalam berbagai aspek kehidupan,’’jelas Jhoni.

Lebih lanjut dikatakan Jhoni, pelaksanaan Latsar CPNS dengan metode blended learning ini, tidak semata dikarenakan penyesuaian dengan era new normal dalam menghadapi situasi pandemi covid 19 saat ini. Tetapi tegas Jhoni, lebih karena adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih, dimana semua telah memasuki era revolusi industri, bahkan bersiap untuk menyambut era masyarakat  yang menekankan pada pola internet ot thing (iot), artificial intelligence, big data, robotic atau dikenal dengan era disrupsi.

Sekda minta kepada para peserta Latsar CPNS, untuk menjadi individu yang berkompeten dibidangnya masing-masing. Memiliki daya inovasi yang bisa menghasilkan ide-ide gagasan selama memberikan pelayanan atau dalam melaksanakan tugas, serta membiasakan diri untuk mampu bekerja dalam tim dan berkolaborasi.(les)