Apel Luar Biasa Pengantar Tugas Kasat Baru

Merangin - Postur tubuh anggota Satpol PP Merangin harus ideal. Bagaimana mau bergerak cepat kalau tubuhnya gemuk dan susah bergerak. Untuk itu anggota Satpol PP yang badanya tidak ideal perlu mengikuti latihan rutin.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Mashuri melalui Sekda Fajarman pada Apel luar biasa dalam rangka pengantar tugas Kasat baru Satpol PP Kabupaten Merangin Shobraini di halaman depan kantor bupati Merangin, Kamis (16/12).

‘’Termasuk postur tubuh Kasatnya yang tidak ideal. Pak Kasat perlu lari pagi atau kegiatan fisik lain yang bisa membuat postur tubuh jadi ideal. Satpol PP juga harus mahir tatacara baris berbaris,’’ujar Sekda dalam pengarahannnya.

Diakui Sekda, dalam berbagai kegiatan upacara masih terlihat barisan Satpol PP yang bergelombang. Mestinya ketinggian barisan itu dibuat rapi, mulai dari yang postur tubuhnya tinggi berada didepan dan yang rendah dibelakang. Begitu juga lanjut Sekda, tatacara berpakaian.

Anggota Satpol PP harus rapi dan lengkap dengan atributnya. Jangan gara-gara tidak lengkap berpakaian tegas Sekda, terlihat seperti Satpol PP setengah-setengah, sehingga menimbulkan keraguan.

Tidak hanya itu sambung Sekda, pada waktu melakukan tindakan penertiban, Satpol PP harus memanusiakan manusia.

Artinya dalam melakukan penertiban harus pakai nurani, lontarkan senyuman dan keramah-tamahan. Sekda juga menegaskan, Satpol PP harus paham betul Peraturan Pemerintah Daerah (Perda) dan SOP-nya. Sebagai penegak Perda, Satpol PP harus memahami betul peraturan yang ditegakan.

‘’Jadi aturan itu harus benar-benar dipahami dan dilaksanakan. Jangan pula anggota Satpol PP menerabas lampu merah di jalan raya. Apa kata masyarakat kalau hal itu dilakukan,’’terang Sekda. (Les)