HALOJAMBI.ID - Tetap mengedepankan disiplin penerapan Protokol Kesehatan pencegahan penyebaran Covid 19, Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial MS beserta jajaran Forkopimda Tanjung Jabung Barat mengikuti pelaksanaan Sholat Idul Adha 1441 Hijriah di Masjid Agung Al-Istiqomah, Jumat (31/07).

Selain itu, pelaksanaan Sholat Idul Adha juga diikuti oleh Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah, Camat Tungkal ilir, serta masyarakat sekitar.

Dalam kata sambutan sebelum pelaksanaan sholat idul adha, Bupati menyampaikan bahwa hari raya Idul Adha atau hari Raya Qurban, mengandung makna jiwa ikhlas berkorban sebagai bentuk ketaatan umat beragama kepada Allah SWT.“Dengan momentum hari idul adha mari kita teladani sikap nabi ibrahim dalam berkorban, dengan keiklasan berkorban semoga kita selalu menjadi seorang yang bersyukur”. ujar Bupati

Lebih lanjut Safrial dalam sambutannya juga mengajak kepada masyarakat untuk senantiasa meningkatkan persatuan dan rasa toleransi diantara umat beragama, khususnya umat Islam.
”Kita semua berharap melalui hari raya qurban ini, kita dapat tumbuhkan semangat membangun kebersamaan dan toleransi, menuju Kabupaten Tanjabbar yang lebih baik,” katanya.

Menutup sambutan, Bupati juga menghimbau masyarakat untuk selalu disiplin terapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah ataupun bermasyarakat, sehingga dapat mencegah penyebaran Covid 19 khususnya di Tanjung Jabung Barat.

Usai pelaksanaan rangkaian Sholat Idul Adha, Bupati didampingi Forkopimda dan Pejabat lainnya, menyerahkan hewan qurban kepada panitia qurban masjid Agung Al-istiqomah.

Pantauan Halo Jambi News pelaksanaan Sholat Idul Adha di Masjid Agung Al Istiqomah berjalan lancar dan hidmat yang diperkirakan dihadiri lebih lima ratus orang jamaah, namun berlangsung dalam suasana yang mengedepankan  keberlakuan protokol kesehatan sebagai antisipasi terhadapan penularan virus Corona. Sehingga dalam pelaksanaan sholat Idul Adha yang berlangsung tersebut setiap jamaah satu dan yang lainnya tidak saling berdekatan namun diberlakukan sistem pysical distancing."Pelaksanaan Sholat Idul Adha berjalan lancar dan hidmat yang diikuti sekitar 600 orang jamaah dan diterapkan protokol kesehatan," ujar Ketua Pengurus Masjid Agung Al Istiqomah Ustadz H Muis El Waqas.

Adapun yang menjadi khotib dalam pelaksanaan ritual Sholat Idul Adha yang  berlangsung tersebut adalah Ustadz Sugeng dan sebagai imam yaitu H Mukri. (ifa)